Rangkuman Skripsi yang berhubungan dengan "Artificial Intelligence"

Berhubungan dengan tugas yang sedang saya tanggung atau kerjakan, pada kesempatan kali ini saya akan membuat ringkasan skripsi yang berhubungan dengan "AI". Apa itu AI?
AI merupakan singkatan dari Artificial Intelligence, yang berarti kecerdasan buatan. Oke untuk mempersingkat waktu kita langsung saja.





PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT MATA

Disusun oleh : RAMADONA ARITONANG

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
JAKARTA

  • Latar Belakang
          Kemampuan komputer untuk mengolah serta mengelola suatu pengetahuan disebut Artificial Intelligence. Para peneliti mendefinisikan tujuan mereka sebagai suatu usaha untuk memprogram suatu komputer agar dapat berpikir seperti manusia dalam memecahkan suatu masalah. Komputer dengan 3 keunggulannya, yaitu kecepatan, keakuratan, dan ketidakjenuhan dapat digunakan langsung guna meringankan tugas seseorang.
          Beberapa bidang pengetahuan dalam Artificial Intelligence yang paling popular dan dikenal pada saat ini adalah sistem pakar. Sistem pakar dalam penulisan ini adalah sistem pakar yang dirancang untuk dimanfaatkan dalam aplikasi kedokteran, yaitu sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit mata. Pesatnya kemajuan teknologi tanpa kita sadari dapat mengurangi optimalitas fungsi mata.  
          Dengan adanya sistem pakar berbasiskan komputer ini, diharapkan tiap individu dapat lebih menyadari akan pentingnya mata bagi kehidupan kita. Disamping itu dengan ini diharapkan tiap individu dapat mengetahui solusi-solusi yang tepat untuk menangani penyakit mata.

  • Tujuan
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengimplementasikan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dalam kehidupan sehari-hari dalam suatu sistem pakar untuk mengenal serta mendiagnosa lebih dini penyakit mata dengan merancang suatu sistem informasi yang berbasiskan komputer sebagai alat bantu agar setiap individu yang membutuhkannya dapat memperoleh informasi tentang kesehatan mata secara mudah dan efektif.

  • Metode
  1. Identifikasi masalah "aplikasi sistem pakar mendiagnosa penyakit mata".
  2. Pencairan dan pengumpulan data. memiliki 2 tahap, yaitu studi perpustakaan dan wawancara.
  3. Analisa kebutuhan sistem.
  4. Perancangan "aplikasi sistem pakar mendiagnosa penyakit mata".
  5. Pembuatan "aplikasi sistem pakar mendiagnosa penyakit mata".
  6. Pengujian.
  7. Penulisan dan pembahasan laporan.

  • Hasil
Hasil yang diperoleh berupa aplikasi komputer yang dapat mendiagnosa lebih dini penyakit mata setiap individu yang dapat memperoleh informasi tentang kesehatan mata secara mudah dan efektif. Baik rabun jauh maupun rabun dekat. Aplikasi ini dapat berjalan/digunakan dengan laptop atau komputer dengan spesifikasi minimum sebagai berikut :
  1. Processor intel Pentium 4.
  2. Memori RAM sebesar 512MB.
  3. VGA card dengan kapasitas 128MB.
  4. Ruang kosong dalam harddisk sebesar 2GB.

  • Kesimpulan
Berdasarkan perancangan yang telah dilakukan oleh perancang, diperoleh poin-poin kesimpulan sebagai berikut :
  1. Sistem pakar ini dibuat untuk membantu pengguna dalam mendiagnosa penyakit mata.
  2. Dengan sistem pakar ini, pengguna diharapkan dapat mengetahui lebih dini tanda-tanda penyakit mata yang diderita .
  3. Dalam sistem pakar ini jenis penyakit mata yang dapat didiagnosa adalah mata rabun, mata minus, mata plus, dan mata merah.
  4. Pengguna akan diberikan pertanyaan-pertanyaan berupa “yes” atau “noquestions sebagai tahap diagnosa agar dapat diketahui termasuk dalam kategori apa penyakit mata tersebut dan ditampilkan juga tentang bagaimana cara pencegahannya.





Terimakasih karena telah membaca, semoga informasi ini dapat berguna bagi saya, kita, dan kalian semua :D 
Sumber referensi :

Skripsi berjudul "PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT MATA" karya RAMADONA ARITONANG alumni mahasiswa TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA JAKARTA

Related Posts:

0 Response to "Rangkuman Skripsi yang berhubungan dengan "Artificial Intelligence""

Posting Komentar