Pengaplikasian Partially Order Plan (POP)

Pada kesempatan kali ini saya mau membahas tentang POP.. kalian pasti sudah tau kan apa itu POP, bagi yang belum tau, yuk kenalan dulu :D Cekidotttt
  POP adalah singkatan dari Partially Order Plan, untuk lebih jelasnya adalah proses sebuah pendekatan untuk melakukan perencanaan otomatis yang membantu dalam membuat keputusan tentang pemesanan tindakan seterbuka mungkin. Ini berkaitan dengan Totally Order Plan, yang mana menghasilkan urutan yang tepat dari sebuah tindakan. 
 
Berikut adalah gambar langkah langkah dalam POP :

Dalam penggunaan POP kali ini akan menggunakan contoh sebagai berikut. Disitu tertulis initial state, goal state, dan aksi yang dapat dilakukan.
Diawali dengan menghubungkan initial state dengan goal state menggunakan aksi aksi yang memiliki efek sebagai goal state.
 

Selanjutnya kita akan masukkan aksi lain yang diperlukan untuk mendapatkan goal state.
Setelah itu kita link initial state dengan aksi awal sebelum melakukan aksi untuk mendapatkan goal state.
  Selanjutnya kita penuhi prekondisi aksi dari Go(HDW) kita inisialkan x1=home.
Dan aksi Go(SM) kita inisialkan x2=home.
Akan tetapi ketika kita melihat lagi efek daripada aksi Go(HDW) dan Go(SM) ternyata mereka saling meniadakan dan hal ini tidak boleh terjadi.
Untuk solusinya maka kita ubah x2 menjadi HDW dan me-link aksi Go(HDW) dengan Go(SM).
Namun hal itu akan menyebabkan kita tidak dapat melakukan aksi Buy(D) jika setelah kita melakukan aksi Go(HDW) maka kita melangsungkan aksi ke Go(SM).
Maka dari itu kita harus melakukan aksi Buy(D) terlebih dahulu guna untuk mendapatkan apa yang ada di goal state. Barulah selanjutnya dengan aksi Go(HDW) kita akan melakukan aksi Go(SM) untuk melakukan aksi lain yang akan memenuhi goal state.
Selesai sudah langkah-langkah dalam pengaplikasian POP, sebenarnya masih banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk membuat POP ini. Diantaranya kita dapat melakukan Go(SM) dahulu untuk melakukan Buy(B) dan Buy(M), lalu setelah itu melakukan aksi Go(HDW) pada aksi Go(SM). Seperti itulah kurang-lebihnya, contoh diatas hanyalah salah satu contoh agar kita dapat memahami langkah-langkah dalam Partially Order Plan.

Sekian dan terimakasih, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua...


Sumber referensi :
 

Related Posts:

0 Response to "Pengaplikasian Partially Order Plan (POP)"

Posting Komentar